PPID UI Terima Kunjungan Politeknik Pariwisata NHI Bandung

Depok, 21 Mei 2024. Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) Universitas Indonesia (UI) menerima kunjungan dari Politeknik Pariwisata (Poltekpar) NHI Bandung, pada Rabu (21/5). Politekpar NHI Bandung sebagai Politeknik Pariwisata Negeri di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki tugas dan fungsinya untuk mengelola informasi dan dokumentasi, sehingga kunjungan Poltekpar HNI Bandung ke PPID UI untuk mendapatkan informasi terkait strategi pelayanan informasi publik dalam upaya memperoleh predikat informatif. Pada kunjungan ini, perwakilan PPID UI membagikan bagaimana implementasi keterbukaan informasi publik, inovasi layanan informasi publik, serta strategi layanan informasi publik di lingkungan UI.

Pada paparan yang disampaikan Kepala Bagian Unit Layanan Terpadu (ULT) UI, Yuwanita Karlina, M.Si, mengatakan, ”Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Biro Legislasi Layanan Hukum (BLLH), dan Kantor Arsip merupakan unit kerja yang berada di bawah Sekretaris Universitas sebagai petugas informasi utama pada struktur PPID dan terlibat secara langsung dalam penanganan sengketa informasi publik.”

Selain itu, dalam pertemuan ini, Poltekpar NHI Bandung yang diwakili oleh Riki Rahdiwansyah selaku Kepala Unit Komunikasi Publik dan Teknologi Informasi, mengajukan pertanyaan terkait inovasi yang telah dilakukan PPID UI dalam upaya meraih predikat badan publik informatif.” Setiap tahun UI berupaya melakukan inovasi untuk mempermudah publik memperoleh informasi, adapun inovasi yang telah dilakukan yaitu, melakukan revitalisasi website PPID dengan menambahkan fitur text-to-speech, dan membuat aplikasi PPID” kata Yuwanita.

Jumlah permohonan informasi publik tahun 2023 merupakan permohonan informasi publik paling tinggi sejak tahun 2014, yaitu sebanyak 2002 permohonan yang masuk. Permohonan informasi publik paling banyak adalah permohonan informasi publik mengenai permohonan hasil ujian masuk (SIMAK) UI. “Alasan saya tidak diterima, berapa nilai ujian SIMAK saya atau rangking berapa saya dari total peserta yang daftar penerimaan masuk UI, pertanyaan tersebut merupakan permohonan informasi publik yang kami terima,” ujar petugas informasi, Dwika.

Dalam kunjungan yang dilaksanakan di Gedung Pusat Pelayanan Mahasiswa Terpadu (PPMT), Ruang Rapat Unit Layanan Terpadu (ULT), Kampus UI Depok ini, dihadiri Kepala Bagian ULT UI, Yuwanita Kerlina, M.Si didampingi oleh Petugas Informasi Utama dari Biro Humas dan KIP, Dwika Aldila, S.Sos, M.K.M selaku perwakilan dari PPID UI. Sementara itu, dari pihak Poltekpar NHI Bandung hadir Riki Rahdiwansyah, Nesha Yaumil dan Noviola Vandarani selaku PIC PPID Poltekpar NHI Bandung.

Related Posts

Skip to content